Tes Kesiapan Masuk SD? Dapatkan Rekomendasi Psikolog Profesional Online!

Konten [Buka]

Tes kesiapan masuk SD menjadi sebuah psikotes yang dibutuhkan oleh sebagian orang tua dan sekolah dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kematangan serta potensi diri anak. Pada saat tingkat kematangan anak tersebut telah diketahui maka diharapkan akan membantu dalam mempersiapkan mental dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah nantinya. Menggunakan hasil tes kesiapan masuk sekolah, maka kelebihan maupun kekurangan yang dimiliki anak bisa diketahui guna membantu orang tua dan guru di sekolah dalam mengembangkan potensi anak. Tes kesiapan masuk Sekolah Dasar ini bisa dilakukan secara online melalui video call atau tatap muka secara langsung dengan psikolog anak di biro psikologi terdekat.

Tes kesiapan masuk SD dan Rekomendasi Psikolog Profesional Online

Kenapa perlu surat rekomendasi psikolog untuk masuk SD?

Berdasarkan dari Permendikbud Nomor 14 tahun 2018, disebutkan bahwa usia minimal untuk masuk SD yaitu 6 tahun. Namun demikian, bisa juga anak-anak yang belum mencapai usia 6 tahun, tetapi orangtua sudah ingin mendaftarkannya ke jenjang SD. Kondisi ini dapat saja terjadi jika anak tersebut memang memiliki kematangan dan kemampuan akademik yang menunjang. Untuk itu orangtua perlu membuktikan dengan adanya rekomendasi tertulis dari psikolog profesional (Haryadi, 2018 dalam http://www.tribunnews.com). Rekomendasi ini dibutuhkan agar orangtua dan pihak sekolah sudah mengetahui bahwa anak tersebut mampu dan siap untuk mengikuti pendidikan di jenjang SD.

Sesuai dari saran dan peraturan yang ada bahwa usia masuk Sekolah Dasar minimal adalah 6 tahun, begitupun belum terlalu dituntut memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis. Akan tetapi dalam kenyataan ada sebagian Sekolah Dasar yang meminta supaya anak masuk SD telah mampu membaca serta menulis. Sebenarnya memang pada usia tersebut pada umumnya anak sudah mampu mengembangkan motorik halusnya sebagai pendukung kemampuan menulisnya.

Secara kemampuan kognitif anak dalam usia tersebut juga sudah siap dalam menerima materi berupa pengenalan rangkaian huruf. Karena biasanya pada usia tersebut anak secara umum telah mampu memahami ketika diajari berupa angka dan huruf. Tentun saja pada tahap selanjutnya siswa akan mampu bertahap belajar membaca huruf serta rangkaian kata walau sederhana. Ini yang menjadikan ada sebagian sekolah yang memberikan semacam tes membaca, menulis serta berhitung. Hanya saja tes tersebut bukan dijadikan sebagai sebuah seleksi ketat, tapi sekedar untuk mengetahui sejauh mana kemampuan calon siswa dalam mengenali angka dan huruf.

Apa Tujuan Tes Kesiapan Masuk SD?

Kemampuan serta kematangan yang perlu dimiliki oleh anak usia masuk Sekolah Dasar dalam mengikuti pelajaran sebenarnya belum terlalu rumit. Pada dasarnya ketika anak sudah berada dalam usia yang cukup, maka secara psikologis mereka sudah memiliki kemampuan dan keinginan untuk menjelajahi lingkungan yang lebih luas dan kesadaran dalam mematuhi aturan. Begitu juga apabila anak sudah terbiasa dengan kegiatan belajar serta sudah memperlihatkan minat untuk mempelajari berbagai hal baru, maka hal tersebut juga bisa dijadikan salah satu tanda kalau anak siap untuk mengikuti kegiatan belajar. Sebaliknya apabila anak masih belum memperlihatkan keinginan untuk belajar maka akan menunjukkan hal yang berlainan.

Bagaimana dengan anak yang berusia dibawah 6 tahun ?

Ada begitu banyak memang para orang tua yang berniat untuk memasukkan anak mereka ke Sekolah Dasar sekalipun belum genap berusia 6 tahun. Kemampuan anak ketika mengikuti kegiatan belajar di Sekolah Dasar dapat diukur dari beberapa faktor. Diantaranya faktor usia berupa kematangan mental, kemampuan intelektual juga berpengaruh dalam menentukan apakah anak tersebut siap untuk sekolah di tingkat SD atau belum. Jika anak memiliki potensi kecerdasan dengan tingkat yang cukup baik, maka secara intelektual anak dapat di sebut telah siap mengikuti kegiatan belajar Sekolah Dasar.

Tetapi walaupun anak mempunyai tingkat intelektual yang sangat baik namun ada banyak hal yang harus sangat diperhatikan jika usianya masih di bawah usia yang secara mental umumnya telah matang dalam mengikuti pelajaran di Sekolah Dasar dalam hal ini 7 tahun.  

  1. Pada usia 6 tahun ke bawah pada umumnya anak belum siap mengikuti kegiatan yang lebih terstruktur dengan aturan yang cukup tegas. Jika anak belum siap dengan hal ini maka bisa berpengaruh pada suasana hati dan semangat dalam mengikuti pelajaran.
  2. Di usia 6 tahun kegiatan bermain masih sangat mendominasi pada keseharian anak. Karena itu apabila dihadapkan pada kegiatan yang terstruktur kegiatan bermain yang berkurang maka dapat berpengaruh dalam minat belajarnya.
  3. Usia 6 tahun ke bawah kebanyakan masih belum mampu fokus dengan 1 aktifitas dalam jangka waktu lebih panjang yang membuat anak cepat merasa bosan.

Dengan memperhatikan beberapa faktor di atas maka tes kesiapan masuk sekolah diberikan terdiri dari 2 tes yaitu tes kecerdasan dan tes kematangan yang terdapat 10 aspek yang di ukur. Apabila dari pengukuran 10 aspek tersebut menunjukkan hasil yang baik maka anak dikatakan sudah siap masuk Sekolah Dasar walaupun belum berusia 7 tahun.

Dimana mendapatkan surat rekomendasi psikolog profesional untuk masuk SD?

Bagi anak dengan usia dibawah umur yang telah ditentukan, maka untuk bisa diterima masuk Sekolah Dasar membutuhkan surat rekomendasi psikolog profesional. Surat keterangan dari psikolog tersebut akan melampirkan hasil tes kesiapan masuk SD yang menerangkan apakah anak tersebut memenuhi kriteria untuk diterima dan menjelaskan apakah anak memiliki kemampuan dalam menerima materi di Sekolah Dasar nantinya.

Surat rekomendasi psikolog untuk masuk SD bisa diperoleh dengan mendatangi praktek psikolog terdekat dan mengikuti tes kesiapan sekolah. Jika sulit menemukan tepat praktek psikolog, maka bisa mengunjungi lembaga psikologi terdekat.

Bisakah Tes Kesiapan Sekolah dilakukan secara online?

Saat ini tes kesiapan sekolah sudah bisa dilakukan secar online melalui video call bersama psikolog. Dengan begitu tidak perlu lagi risau jika di lokasi setempat tidak terdapat tempat praktek psikolog atau lembaga psikologi terdekat.

Dengan tes kesiapan masuk SD yang saat ini sudah bisa dilaksanakan secara online, maka siapapun tanpa terbatas jarak dapat mengikuti tes ini melalui video call. Tentu saja dalam menjalani tes kesiapan masuk Sekolah Dasar ini anak perlu didampingi orang tua.

Dimana rekomendasi tempat tes kesiapan masuk Sekolah Dasar online?

Namun jika Anda yang berada di Yogyakarta maka dapat berkunjung langsung ke Biro Psikologi Jogja Laksita Educare untuk memperoleh layanan tes kesiapan sekolah. Layanan tes juga tersedia konsultasi psikologi bagi orang tua anak yang dilayani oleh psikolog jogja terbaik dan memiliki SIPP dari HIMPSI.

Terbaru
biro psikologi jogja